6 Desember 2021

Nagari Kapau Resmi Menjadi Nagari Tageh, Gubernur IP Berharap Bisa Menjadi Percontohan

Gubernur Sumbar Meresmikan Nagari Kapau Menjadi Nagari Tageh.


SOLOK SELATAN – Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan resmi menjadi Nagari Tageh pada hari Selasa, 17 November 2020. Peresmian tersebut secara langsung dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Turut hadir dalam acara itu Pjs Bupati Solok Selatan Jasman Rizal, Rektor Unand Prof. Yuliandri, Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi, Kepala Laboratorium FK Unand Dr. Andani Eka Putra, Direktur Nagari Development Centre  Unand Erigas Eka Putra, Forkopimda Solok Selatan dan Kepala OPD Solok Selatan.

Dalam sambutannya Irwan Prayitno mengatakan, Covid-19 telah banyak memakan korban baik yang meninggal maupun yang masih dalam perawatan. Sehingga mesyarakat banyak yang tidak produktif, tidak bisa bekerja karena positif Covid-19.

“Saya berharap masyarakat disini bisa bersama untuk menjaga diri, mencegah dan mengendalikan diri, Insya Allah kita aman dan sehat, kita tetap produktif,” kata Irwan Prayitno.

Hal tersebut adalah langkah pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam menghadapi pandemi Covid-19, dengan konsep Nagari Tageh. Semuanya perlu dukungan dari bebagai pihak dengan melibatkan berbagai unsur, yaitu TNI, Polri, Mahasiswa, termasuk unsur informal leader seperti Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan pemuda-pemudi, agar mampu mengatasi Covid-19 dengan baik.

“Covid-19 telah merubah semua pola hidup, makanya lahirlah Nagari Tageh. Ini adalah tugas kita semua untuk bahu membahu, berjuang menangani wabah ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Gubernur Sumbar juga memberikan apresiasi adanya Nagari Tageh di Solok Selatan.

“Mari kita sukseskan Nagari Tageh ini, agar nantinya menjadi percontohan di Indonesia. Alhamdulillah setidaknya menjadi contoh di Sumbar dan Solok Selatan,” imbuhnya.

Irwan Prayitno menyampaikan, masyarakat Kapau Alam Pauah Duo memiliki kekompakan dan tingkat disiplin warga yang sangat tinggi. Di Nagari Tageh juga menyediakan berbagai posko, seperti posko tanggap Covid-19 dan ruang isolasi yang diawasi oleh para tenaga medis.

“Seperti yang kita harapkan, seluruh warga disini siap siaga dalam menghadapi adanya Covid-19 di daerahnya. Dengan menyiapkan ruang isolasi mandiri, maka penyebaran virus corona bisa terkendali,” tutupnya. (Dian R)

Editor: Dian Kurnia Putri