6 Desember 2021

Akibat Hujan Lebat, Banjir Setinggi Pinggang Landa Kampung Tarandam di Solok Selatan

Genangan Banjir di Kawasan Pemukiman Penduduk Solok Selatan.

SOLOK SELATAN – Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG yang memberikan peringatan dini tentang cuaca ekstrim, seperti hujan dari intensitas ringan hingga lebat untuk Sumatera Barat (Sumbar) pada Senin, 11 Januari 2021 lalu.

 

Hujan yang mengguyur Solok Selatan tersebut menyebabkan air sungai Batang Bangko meluap dan merendam beberapa jorong di Kecamatan Sungai Pagu, salah satunya adalah Kampung Tarandam, Solok Selatan.

 

Agung (22), salah satu korban banjir menegaskan, bahwa air mulai menggenangi pemukiman warga dari pukul 04.00 WIB dini hari, hingga jam 08.00 WIB pagi.

 

“Akibat hujan yang mengguyur dengan intensitas lebat menyebabkan Sungai Batang Bangko meluap, sebagai daerah rendah yang berada di pinggiran sungai menyebabkan jorong Kampung Tarandam, terendam hingga mencapai pinggang orang dewasa,” jelasnya, Selasa (12/1/2021).

 

Lebih lanjut, Agung mengungkapkan bahwa hal itu bukanlah hal yang jarang, namun sudah kerap terjadi karena letak daerahnya yang landai dan rendah.

 

“Hal ini bukan hal yang asing terjadi untuk di Kampung Tarandam dan kami dari warga hanya bisa menunggu air surut, dengan tetap bertahan dirumah masing-masing, dengan menyelamatkan barang-barang dari genangan air,” tutupnya. (Dian R)

Editor: Dian Kurnia Putri