6 Desember 2021

Enam Orang Penambang Emas Tertimbun Longsor di Nagari Abai Kabupaten Solok Selatan

Lokasi Longsor di Solok Selatan (Foto: Dari Sumbar-iNews.id).

SOLOK SELATAN – Musibah tak terelakkan terjadi di Solok Selatan tepatnya di Nagari Abai, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, yang mengakibatkan enam orang penambang tertimbun longsor.

 

Akibat curah hujan yang tinggi, tanah menjadi labil dan terjadi longsor pada galian tambang tersebut, korban jiwa sebanyak 4 orang dan luka-luka 2 orang di Galian Tambang Kimbahan Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari, Senin (11/1/2021) pukul 20.30 WIB.

 

Kejadian tersebut diketahui, saat penambang melakukan aktifitas penambangan, seketika terjadi longsor. Hal ini konfirmasi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Riki Amran pada Rabu, 13 Januari 2021 Siang.

 

“Pada saat penambang melakukan penambangan dan saat mau keluar dari area tambang terjadi Longsor yang menutup pintu keluar tambang, yang mengakibatkan penambang tersebut tertimbun Longsor,” Ungkapnya.

 

Penambang yang menjadi korban, yaitu Rifan Saifudin (28) beralamat di Pati Jateng, Aji (30) beralamat di Pati Jateng, kedua orang tersebut mengalami luka-luka. Adapun yang meninggal dunia adalah Sugito (32) yang beralamat Pati Jateng, Yudi Purnomo (32) beralamat di Pati Jateng, Miyanto (51) beralamat Bunut Selatan Lampung dan Sulistiyono (41) beralamat di Pati Jateng. (Nurul Anisa)

Editor: Dian Kurnia Putri