6 Desember 2021

Terjadi Lagi, Laka Lantas Kereta Api, Bus Trans Padang Jadi Sasaran

Kecelakaan Antara Kereta Api Minangkabau Express Relasi Padang-BIM Dengan Bus Trans Padang di Perlintasan Antara Stasiun Tabing dan Stasiun Duku Padang.

PADANG – Kembali terjadi kecelakaan antara Kereta Api Minangkabau Express relasi Padang-BIM dengan Bus Trans Padang di perlintasan liar Km 21+00, yakni antara Stasiun Tabing dan Stasiun Duku di Padang, Sumatera Barat, Rabu (13/1/2021) Siang.

 

KA Minang Express masih tertahan di lokasi, menunggu proses evakuasi bus yang menghalangi jalur kereta. Diharapkan setiap pengguna jalan raya selalu berhati-hati saat akan melintasi perlintasan kereta api. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Humas PT. KAI Divre II Sumatera Barat, Ujang Rusen Permana.

 

“Dahulukan perjalanan kereta api, Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 menyatakan, pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api,” tuturnya.

 

Pihak PT. KAI selalu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan taat berlalu lintas, apalagi yang berhubungan dengan perlintasan kereta api.

 

“Kami senantiasa menghimbau, agar masyarakat selalu berhati-hati saat akan melintasi perlintasan kereta api. Berhenti sejenak, tengok kanan-kiri untuk memastikan tidak ada kereta yang melintas,” imbuhnya.

 

Kecelakaan diperlintasan sebidang perlintasan kereta api, sebenarnya tidak hanya merugikan pengguna jalan lainnya, tetapi juga kerugian pada KAI, terutama untuk perawatan kerusakan sehabis kecelakaan dan itu tidak memakan biaya yang sedikit. (Nurul Anisa)

Editor: Dian Kurnia Putri