6 Desember 2021

Kebakaran Diawal Tahun 2021, Ini Penyebabnya

Kepala Bidang Ops Damkar Kota Padang, Basril, ST.MM.

PADANG – Kebakaran rumah atau bangunan kerap terjadi, bahkan diawal tahun 2021 ini telah terjadi beberapa kali kebakaran yang di Kota Padang. Kepala bidang Ops Damkar Kota Padang, Basril sangat menyayangkan hal tersebut, karena penyebab kebakaran adalah banyaknya kabel yang sudah tua, Selasa (19/1/2021) Siang.

 

“Rata-rata penyebabnya adalah arus pendek, human error, di perumahan biasanya itu karena banyaknya kabel yang sudah tua dan peralatan elektronik lainnya. Seharusnya, jika peralatan elektronik bertambah, dayanya harus ditambah, tapi ini malah dipaksakan,” ucapnya.

 

Semestinya, masyarakat selalu memperhatikan hal tersebut, mengganti kabel-kabel yang sudah tidak layak dipakai dan juga selalu mengawasi area yang rawan dengan percikan api.

 

Basril berpesan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati, tetap waspadai hal-hal yang akan menimbulkan kebakaran, apalagi di daerah yang padat penduduk. Pahami semua edukasi yang telah disosialisasikan, agar mengetahui penyelamatan pertama jika terjadi kebakaran.

 

“Pesan kepada masyarakat, agar hati-hati jika meninggalkan rumah, lepaskan colokannya. Edukasi kepada masyarakat untuk mensosialisasikan pencegahan kebakaran ini selalu dilakukan,” jelasnya.( Nurul Anisa)

Editor: Dian Kurnia Putri