6 Desember 2021

Kasus Kebakaran Tahun 2019 Vs 2020 Kota Padang

Pos Damkar Kota Padang.

PADANG – Terkait data kebakaran yang direkap oleh Damkar Kota Padang ditahun 2019 dan 2020, sebanyak 200 lebih bencana kebakaran. Jika dibandingkan tahun 2020 mengalami penurunan. Hal tersebut disampaikan oleh Basril ST, MM selaku Kepala Bidang Ops Damkar Kota Padang, Selasa (19/1/2021) Siang.

 

“Untuk kebakaran saja pada tahun 2020 sekitar 244 dan ini menurun dibandingkan dengan tahun 2019, yaitu sekitar 295 kejadian kebakaran,” ungkapnya.

 

Damkar Kota Padang selalu memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat, untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran. Jadi, masyarakat telah paham sebelum mobil damkar dating, mereka bisa mengatasi kebakaran, setidaknya untuk pertolongan pertama. Begitu juga di perkantoran disetiap gedung juga ada alat pendeteksi kebakaran.

 

“Saya rasa masyarakat sudah mengetahui, tata cara pertolongan pertama untuk mencegah kebakaran, terkadang sebelum mobil damkar berada ditempat kejadian, masyarakat telah memberikan feedback yang baik bahwa kebakaran dapat diatasi,” tuturnya.

 

Kota Padang memiliki 5 Pos Damkar dan 1 pos induk. Pos tersebut berguna untuk daerah-daerah pinggiran yang jauh dari pusat kota. Jadi, ketika terjadi kebakaran, pos-pos tersebut dapat langsung ketempat kejadian dan nantinya, jika dibutuhkan pos induk akan membantu. (Nurul Anisa)

Editor: Dian Kurnia Putri