6 Desember 2021

Ratusan BEM SI Hadiri Munas XIV di Asrama Haji Padang, Wahyu: Secara Defacto, Kami Lebih Kuat!

Dari kiri: Wahyu Suryono Pratama (Koorpus BEM SI) & Leon Arvindra Putra (Koordinator Isu Lingkungan BEM SI).

PADANG, PP – Sempat heboh dan dinyatakan kisruh, Musyawarah Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) XIV di Kota Padang, akhirnya diadakan di dua tempat.

 

Sebanyak 30 peserta dari Perwakilan BEM di Indonesia, melakukan Munas BEM SI di Kampus Universitas Andalas dan sebanyak 132 peserta lainnya memilih mengadakan Munas  di Asrama Haji Kota Padang.

 

Perhelatan para aktivis tersebut, dilaksanakan sejak tanggal 1 April 2021 kemarin. Terpecahnya pelaksanaan Munas itu, diakui oleh Peserta Munas BEM SI di Asrama Haji Padang, bahwa bentuk penolakan mereka, karena di Unand, Munas dianggap tidak adil.

 

Munas di Asrama Haji berhasil dilaksanakan dan ditutup pada Jum’at malam (2/4/2021) dan terpilihlah Wahyu Suryono Pratama selaku Mandataris Koordinator Pusat (Koorpus) BEM SI yang berasal dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), serta 12 Koordinator Isu (Koorsu) dan 10 Koorwil (Koordinator Wilayah) yang dipimpin oleh berbagai BEM dari perguruan tinggi lainnya.

 

Usut demi usut, selain merasa diperlakukan tidak adil, Wahyu membeberkan, bahwa awal sebenarnya penolakan Munas BEM SI di UNAND dan beralih ke Asrama Haji Padang, karena kurang lebih 18 peserta Munas ditolak dan ditahan, tidak bisa mengikuti Munas.

 

“Tentu, hal demikian sangat tidak adil, karena 18 peserta Munas tersebut diundang dan berhak ikut. Sehingga, kami (132 BEM) memutuskan untuk walkout,” kata Wahyu, selaku Mandataris Koorpus BEM SI, kepada Persada Post, usai penutupan Munas SI XIV di Asrama Haji Padang.

 

“Namun, kami tetap akan melakukan konsolidasi, guna merangkul sebagian rekan –rekan BEM yang mengikuti Munas di UNAND, untuk bergabung,” imbuh Wahyu.

 

“Selain itu, secara defacto, Munas di Asrama Haji lebih sah. Karena menjunjung tinggi kedaulatan peserta Munas BEM SI. Dan, secara jumlah BEM yang hadir lebih banyak dari pada MUNAS yang diadakan di UNAND,” tegasnya.

 

Dari Munas tersebut, melahirkan 12 isu. Sementara itu, untuk komposisi Koorpus, Koorwil (Koordinator Wilayah) serta Koorsu hasil Munas BEM SI XIV, adalah sebagai berikut, Koorwil DIY – Jateng: Mudrik Rahma Prabawanto (Universitas Muhammadiyah Semarang), Koorwil BSJB: Risky Al Farizie (Universitas Esa Unggul), Bali Nusra: (Universitas Udayana), Koorwil Sumbangsel: Rio Saputra (Universitas Bangka Belitung), Koorwil Papua: Risky Patti (Universitas Musamus Merauke), Koorwil Kaltimsel-Sul: Zikri Nur Abadi (Universitas Islam Kalimantan), PJ Koordinator Jawa Timur: Universitas Trunojoyo Madura, Koorwil Sumbagut: Muhammad Rizki Fadillah (Universitas Sumatra Utara), Koorwil Jawa Barat (Universitas Swadaya Fuming Djati), Koorwil Kalteng-Bar: Jairus Super Widodo (Universitas Palangka Raya).

Pengukuhan para Koorsu BEM SI di Asrama Haji, pada Munas BEM SI XIV.

 

Untuk Koorsu: Koorsu Ekonomi & Ketenagakerjaan: Muhammad Farhan (Universitas Gadjah Mada), Koorsu Maritim: Yudi Dwiansyah Septiawan (IAIN SAS Bangka Belitung), Koorsu Pendidikan Dasar & Menengah: Rahmat Saputra (Universitas Al-Muslim), Koorsu Pendidikan Tinggi: Moh. Ali Yafie (Universitas Brawijaya), Koorsu Pertanian & Agraria: Alwi (Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan), Koorsu Kesehatan: Rifqi Assafa (Poltekkes Kemenkes Bandung), Koorsu Energi & Minerba: Ahmad Rinaldi (Universitas Lambung Mangkurat), Koorsu Penegakkan Hukum, HAM, dan Korupsi: M.Chory Firdaus (Universitas Diponegoro).

 

Lalu, Koorsu Lingkungan: Leon Alvinda Putra (Universitas Indonesia), Koorsu Infrastruktur & Teknologi: Baihaqi Muhammad (Institut Teknologi Sepuluh November), Koorsu Perempuan, Ibu & Anak: Devi Retniasih (UIN Raden Intan Lampung), Koorsu Pariwisata & Kebudayaan: Gilang Gustiawan (Universitas Siliwangi), Aninditya Santiko Wibowo berasal dari Universitas Telkom. (RPG Networks)

Foto bersama, usai Munas BEM SI XIV di Asrama Haji Padang, Jum’at (2/4/2021).