17 Januari 2022

Sumatera Barat Duduki Peringkat Pertama: Tiga Provinsi Terbaik Indonesia Periode 2021

Sumbar terpilih menjadi provinsi daerah perencanaan terbaik tahun 2021. (Tangkapan Layar YouTube Bappenas)

JAKARTA, PP-  Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bappenas menetapkan provinsi Sumatra Barat, Jawa Barat dan Bengkulu sebagai provinsi terbaik urutan pertama, kedua dan ketiga di Indonesia periode 2021. Hal itu diungkapkan dalam laman youtube resmi Bappenas dalam narasi video Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional pada Selasa (02/05/2021).

 

Sumatera Barat ditetapkan sebagai provinsi terbaik urutan pertama. Hal ini dikarenakan adanya Distribusi pasokan dan akses pangan berbasis sector strategis melalui Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC) untuk pengendalian harga dan akses pangan.

 

Pencapaian yang diraih sumatera Barat yaitu membaiknya ketimpangan yang didukung oleh Program Penanganan Daerah Tertinggal dengan pendekatan  infrastruktur, ekonomi, lingkungan dan pembangunan manusia.

 

Tidak hanya itu, Sumbar memperoleh penghargaan tertinggi dari segi perencanaan. Sumbar memiliki Kebijakan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat kebijakan pemulihan COVID-19 terinternalisasi pada prioritas pembangunan dan kebijakan daerah bidang ekonomi kesehatan, social dan kebencanaan. Sementara dari segi pencapaian, tingkat ketimpangan di Sumbar dianggap membaik.

 

Posisi kedua diraih Provinsi Jawa Barat. Hal ini dikarenakan respon penanganan COVID-19 yang baik.

 

“Respon penanganan COVID-19 melalui pusat informasi  dan komunikasi pada sektor kesehatan dan pelayanan publik,” ujar Bappenas.

 

Pencapaian yang diraih Jawa Barat yaitu IPM membaik oleh kebijakan akses pendidikan untuk semua dan kebijakan  desentralisasi layanan kesehatan.

 

Dari segi perencanaan, inisiatif prioritas daerah khusus padea RKPD dalam rangka pemulihan COVID-19 dengan didukung aplikasi e-planning Sirampaksekar mengumpulkan usulan masyarakat.

 

Selanjutnya, di posisi ketiga jatuh kepada Provinsi Bengkulu. Posisi tersebut didapatkan karena aksi padu investasi, pemulihan ekonomi melalui pelayanan, investasi dan promosi.

 

Dari segi pencapaian, Bappenas mengatakan bahwa IPM di Provinsi Bengkulu membaik dan didukung oleh kebijakan kebijakan Bengkulu Cerdas, Bengkulu Sehat dan Bengkulu Maju.  Dari perencanaan RKPD diperkuat dengan penjabaran kerangka logis isu strategis dan sasaran pembangunan daerah. (Fina H.S)