19 Oktober 2021

(Masih) Menyoal Eksekusi, Penasehat Hukum Rusma Yul Anwar Akhirnya Angkat Bicara?

Gusman,SH, Rang Tuo Panduko Rajo, Penasehat Hukum (PH) Rusma Yul Anwar.

PESSEL, PP –  Gusman,SH, Rang Tuo Panduko Rajo, selaku Penasehat Hukum (PH) dan/ atau Kuasa Hukum Rusma Yul Anwar, akhirnya angkat bicara menyikapi  eksekusi dari Keputusan Pengadilan Negeri Padang Nomor 642/Pid.Sus-LH/2019/Pn.Pdg telah menjatuhkan vonis terhadap Rusma Yul Anwar dengan hukuman satu tahun penjara dan denda sebesar 1 miliar dengan subsider tiga bulan kurungan, yang sempat ditunda pada tanggal 8 Juli 2021 lalu.

 

“Klien saya (Rusma Yul Anwar), tetap taat dengan hukum. Beliau tidak akan menghindar, sebab saya memastikan, beliau seorang negarawan sejati. Hanya saja, ada aspek penting yang perlu menjadi perhatian, disamping ketaatan dalam menyikapi penegakan hukum, salah satunya adalah dampak sosial/ masyarakat, yang begitu mencintai beliau. Rasa cinta itu bukan hanya datang dari pendukung politik, tapi sebagian besar masyarakat Kabupaten Pessel (Pesisir Selatan),” ungkap Gusman, kepada Persada Post, Rabu (15/09/2021).

 

Apa yang disampaikan Gusman, menurutnya sesuai dengan hal utama dalam filsafat hukum, yakni nilai-nilai dasar dan kaidah hukum secara filosofis yang mampu mewujudkan cita-cita keadilan, kebenaran dan ketertiban di dalam tatanan kehidupan masyarakat.

 

“Aspek ketertiban di dalam tatanan kehidupan masyarakat, perlu menjadi perhatian penting dalam kasus klien saya ini. Masyakat yang sangat partisipatif, tanpa diminta, mereka ingin bupati mereka yang terpilih, dapat terlebih dahulu menjalankan tugasnya sebagai bupati. Sementara itu, tentu upaya saya dan tim untuk Peninjauan Kembali (PK) terhadap putusan tersebut ke Mahkamah Agung, tetap berproses dan berjuang,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut Gusman pun mengakui, bahwa dalam proses/ upaya PK yang sedang mereka perjuangkan, tidak akan menghentikan eksekusi terhadap kliennya itu.

 

Tetapi, menurutnya, yang meminta tunda adalah masyarakat dan tokoh masyarakat yang simpati sekaligus empati kepada Rusma Yul Anwar, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pessel. (Team Bravo)