22 Oktober 2021

Dewan Pers Datangi Kantor Jejak Media Group

Syamsir Burhan (Pemimpin Umum JMG) saat menyambut kedatangan Dewan Pers. (Foto: JMG)

PADANG, PP –  Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers mendatangi kantor Redaksi serta perusahaan Jejak Media Group (JMG), yang terletak di Jalan Bengkuang Nomor 16 Ujung Gurun Kota Padang Sumbar pada, Kamis (23/09/21) tadi.

 

Tim diwakili oleh Asep Setiawan selaku Tim Ahli Dewan Pers dan  Wartini dari  sekretariat  Dewan Pers. Kedatangan Tim DP  disambut langsung oleh Pemimpin Umum JMG Syamsir Burhan, petinggi dan kru JMG.

 

Asep Setiawan selaku Tim Ahli Dewan Pers mengatakan, bahwa verifikasi faktual merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan Pers.

 

“Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita,” kata Asep.

 

“Verifikasi media adalah proses pemeriksaan terhadap perusahaan pers untuk menentukan data dan informasi yang disampaikan benar atau tidak. Sebuah media akan disematkan sebagai ‘media terverifikasi’ jika sudah terbukti dijalankan sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan pers,” imbuhnya.

 

Pesan Dewan Pers yang disampaikan melalui Asep Setiawan pada Jejak Media Group yang menaungi Koran Jejak News dan jejak77.com,  bahwa media berfungsi memberikan pendidikan karya- karya jurnalistik dan hiburan serta harapan dan kegembiraan terhadap masyarakat.

 

Lebih lanjut Asep menjelaskan, sebagai media yang memiliki ciri khas kontrol sosial,  diharapkan tetap mengikuti kaidah- kaidah jurnalistik dan sekaligus mengikuti prinsip – prinsip kode etik jurnalistik, tetap propesional dan semangat. Dan, yang lebih utama harus tetap mengacu pada UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Waratwan Indonesia.

 

Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers.

 

“Sedangkan verifikasi faktual adalah upaya Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan. Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers,” pungkas Asep Setiawan.

 

Pemimpin Umum JMG memberikan apresiasi terhadap kinerja Dewan Pers yang melakukan peran aktifnya dalam membina dan mendata media yang ada di Indonesia termasuk JMG. Kedatangan tim DP memberikan edukasi tata kelola administrasi yang seyogiyanya harus dilakukan oleh sebuah media.

 

“Sebagai salah satu perusahaan media di Provinsi  Sumbar, JMG sangatlah menunggu untuk mendapat predikat terverifikasi faktual. Predikat itu sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan media menjaga kepercayaan publik atas konten berita yang diproduksi,”  ujar Syamsir Burhan.

 

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers atas kunjungannya ke kantor kami. Semoga dengan kedatangan tim Dewan Pers kesini menjadi semangat kami dalam memajukan perusahaan Pers,” ujar Syamsir.

 

Ditempat terpisah, Ismail Novendra Raja Tega selaku Pemimpin Redaksi JMG mengaku terkejut dengan kedatangan Tim Verifikasi Faktual DP. Sebab saat tim DP datang, ia sedang berada di Jakarta.

 

Kendati demikian, Ismail mengaku salut dengan kredibilitas dan profesionalisme DP dalam membina dan mendata media di Indonesia.

 

Ismail mengatakan, bahwa dirinya juga ditanyai oleh Tim DP melalui ponsel terkait pemberitaan yang ditampilkan JMG. Serta pola wartawan dalam mencari dan menyajikan suatu produk jurnalistik.

 

Kepada Ismail, tim DP berpesan dan berharap agar JMG selalu eksis dan memperhatikan UU pokok Pers serta Kode Etik Wartawan Indonesia dalam pencarian dan penyajian sebuah berita.

 

 

Terakhir, Tim DP melalui Asep Setiawan berharap  JMG dapat melahirkan wartawan-wartawan tangguh dan profesional untuk kaderisasi melalui pelatihan jurnalistik yg pernah dilaksanakan dan diikuti wartawan JMG selama ini. (Rel)