21 Oktober 2021

Untuk Cegah Abrasi: Babinsa Kodim Raja Ampat bersama Masyarakat Membuat Talud

Babinsa Koramil 1805-5/Saleo Kodim 1805/Raja Ampat, bersama warga membangun talud. (Foto: Ist)

RAJA AMPAT, PP – Demi penanggulangan dan mencegah agar tidak terjadinya abrasi pantai, PH45 bahu – membahu bersama Babinsa Koramil 1805-5/Saleo Kodim 1805/Raja Ampat, membangun talud.

 

Serda Andin R.H anggota Satgas BKO dari Kodam III/Siliwangi Korem 064/MY, bersama warga binaan melaksanakan karya bakti secara gotong royong dalam pembuatan talud tersebut, di Kampung Waisilip Distrik Waigeo Barat Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, Kamis (23/09/2021).

 

Kapten Inf Sugeng Rohmad selaku Danramil 185-5/Salio Kodim 1805/Raja Ampat Kapten menyebutkan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Babinsa tersebut, untuk membantu masyarakat dan pemerintah kampung.

 

Hal tersebut adalah akibat terjadinya ombak, tanah yang ada di pinggir pantai semakin terkikis. Karena, jika dibiarkan begitu saja maka dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena terkikisnya tanah tersebut, sudah dekat dengan area pemukiman milik masyarakat.

 

”Kami berharap kehadiran Babinsa Koramil 1805/Raja Ampat Kodim 1805/Raja Ampat, dapat memberikan bantuan dan semangat bekerja secara gotong royong. Kegiatan karya bakti bersama masyarakat, merupakan salah satu sarana prajurit TNI yang bertugas menjadi Babinsa, untuk menjalin kebersamaan dengan masyarakat. Sehingga akan terus tercipta, kemanunggalan antara TNI dengan rakyat,” papar Sugeng Rohmad.

 

Sementara itu, Kepala Kampung Waisilip Distrik Waigeo Barat Boas Fakdawer, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil 1805-5/Salio Serda Andin R.H. Karena kegiatan karya bakti secara bergotong royong membuat talud, mencegah abrasi di pinggir pantai akibat ombak adalah saran dari Babinsa.

 

Lebih lanjut, dijelaskan juga oleh Kepala Kampung pelaksanaan pembuatan talud, untuk mencegah abrasi pantai tidak ada target waktu.

 

”Jadi kami bersama masyarakat dibantu Babinsa, akan terus bergotong royong membuat talud sampai selesai. Sehingga saat pergantian musim angin Barat pada bulan Desember 2021 mendatang, ditargetkan talud sudah selesai dibangun, “ucapnya.

 

”Kami mewakili seluruh masyarakat, sangat senang atas kehadiran Babinsa di Kampung Waisilip. Karena saat bertugas Babinsa sudah bayak membantu pemerintah kampung dan masyarakat, khususnya dibidang pembangunan. Selain itu, Babinsa sudah menjadi contoh dibidang kebersihan lingkungan,” ungkap Boas Fakdawer. (Rel – Seiber kodim 1805/ Raja Ampat/ Lukman)