20 Oktober 2021

Sempat Macet 3 Jam: Lima Titik Longsor di Sitinjau Lauik Berhasil Ditanggulangi BPBD Padang

BPBD dan Tim penanggulangan bencana lainnya, tampak sedang membersihkan puing longsor. (Foto: BPBD Padang)

PADANG, PP – Karena hujan yang cukup deras di Kota Padang, mengakibatkan longsor sebanyak lima titik di ruas jalan Padang – Solok, sekitar jalan pendakian Sitinjau Lauik, sekira Pukul 17.30 WIB, Jum’at (24/09/2021).

 

Barlius Chaniago selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kota Padang, kepada Persada Post menjelaskan, bahwa salah satu titik laongsor terjadi di titik Lubuk Paraku, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

 

“Jumlah longsor sebanyak 5 titik. Satu diantaranya menutup seluruh badan jalan dan 4 lainnya menutup sebagian badan jalan. Banyaknya material longsor ini mengakibatkan kemacetan total, tepatnya di ruas jalan Raya Padang-Solok, Lubuk Paraku,” kata Barlius.

 

“Pantauan dilapangan, sepanjang ±2 Km kemacetan yang terjadi dari arah Padang dan sebaliknya. Saat ini tim BPBD, TNI/POLRI, PU, TRC Semen Padang, PMI dan Instansi kebencanaan lainnya bekerja di lokasi kejadian,” jelasnya.

 

Lebih lanjut Barlius mengatakan, bahwa sebanyak 2 alat berat juga diturunkan untuk membantu pembersihan material longsor dari badan jalan.

 

“Sekira pada pukul 20.30 WIB, jalan Padang – Solok, khususnya di Lubuk Peraku, sudah bisa dilalui. Namun, kami tetap menghimbau kepada pengendara, agar tetap berhati – hati disaat hujan dan hindari melewati Sitinjau Lauik,” tutupnya. (RAU)