6 Desember 2021

Wow! Mall Pelayanan Publik Sawahlunto Segera Rampung: CV. Karya Pratama Kerja Cepat dan Maksimal

Proses pengerjaan Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto.

SILUNGKANG, PP – Sejak rampungnya Pasar Songket Silungkang di Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, tidak pernah dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

 

Wujud Pasar Songket Silungkang yang disulap menjadi Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ternyata, di masa pemerintahan Deri Asta,SH selaku Walikota Sawahlunto, bangunan itu akhirnya dirombak menjadi Mall Pelayanan Publik.

 

Kegiatan pengerjaan pemeliharaan/ rehabilitasi dan prasarana gedung kantor dan bangunan Mall Pelayanan Publik (penambahan fungsi Pasar Songket untuk pelayanan publik) sawahlunto itu, mulai dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021 lalu. Dengan waktu pelaksanaan selama 180 hari. Pelaksana proyek dan/ atau pemenang tendernya adalah CV. Karya Pratama, dan nilai kontrak sebesar Rp. 1.978.900.000,-.

 

“Dari 180 hari pelaksanaan proyek yang direncanakan, kemungkinan akan lebih cepat 20 hari sebelum berakhirnya masa kontrak, sekitar pertengahan Desember 2021 nanti. Kita berusaha kerja cepat dan maksimal, karena semua proses kerja tidak menemui kendala yang berarti,” ujar Is Firdaus, Pelaksana Proyek CV. Karya Pratama, saat ditemui Persada Post di lokasi proyek, Muaro Kalaban, Rabu (24/11/2021).

 

Is Firdaus alias Ajjah, selaku Pelaksana Proyek CV. Karya Pratama, pada pembangunan Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto.

 

 

 

 

 

 

 

Namun, nilai kontrak awal pengerjaan proyek tersebut akhirnya bertambah, hal itu diakui oleh Is Firdaus, dikarenakan adanya perubahan desain dan kebutuhan ditengah proyek sedang dikerjakan.

 

“Benar, kita sudah ajukan addendum dan disetujui oleh PPK. Pertambahan nilai proyek dari nilai awal adalah sebanyak 10%, yang disetujui pada akhinya menjadi sebesar Rp. 2.176.790.000,” ungkap Is Firdaus, yang akrab disapa Ajjah tersebut.

 

Sementara itu, proyek yang bersumber dari anggaran Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPNAKER) Kota Sawahlunto, dengan nomor kontrak: 001/MPP- DPMPTSPNaker/SWL-2021 tersebut, dianggap oleh Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya (CK) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Sawahlunto, berjalan sebagaimana mestinya dan cukup memuaskan.

 

“Dari hasil komunikasi kami dengan personil CK yang ditugaskan sebagai pengawas pada pekerjaan tersebut, bahwa pelaksanaan sudah berjalan sesuai dengan kontrak termasuk kaitannya dengan spesifikasi teknis,” kata Rian, selaku Kabid CK Dinas PUPR Kota Sawahlunto, kepada Persada Post, pada hari yang sama.

 

Diprediksi, setelah rampungnya pembangunan Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto itu, dimana akan berkantornya DPMPTSPNAKER secara efektif, akan menjadi icon baru bagi kemajuan Pemerintahan Kota Sawahlunto, dan sekaligus kebanggaan bagi masyarakatnya, yang memiliki gedung refresentatif dalam hal pelayanan dan perizinan berbagai macam usaha. (Rico AU)