16 Januari 2022

Kabid BM: Sawahlunto Berhasil Peroleh Rp. 25 Miliar DAK 2022, Ternyata Untuk ini

Maizir,ST, Kabid BM Dinas PUPR Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, PP – Perjuangan mewujudkan tagline; Untuk Sawahlunto yang Lebih Baik, Maizir,ST selaku Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga (BM) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Sawahlunto, menuai hasil yang tidak semua warga Kota Sawahlunto ketahui.

 

Dengan perjuangan yang cukup alot, Maizir pada tahun 2021 ini ternyata telah mengajukan anggaran kepada Kementrian PUPR, dana Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah, sebanyak Rp. 113 Miliar.

 

“Iya, dari yang kita ajukan Rp. 113 Miliar, Kota Sawahlunto memperoleh Rp. 25 Miliar. Dari capaian tersebut, pembagiannya; DAK Reguler sebanyak Rp.29 Miliar, yang dialokasikan untuk Jalan SD 9/ Taratak Hilir, Jalan Muaro Kalaban/ Taratak Bancah, Jalan Puskemas Silungkang/ Mikrowafe (Batu Runcing), Jalan Santur / SMEA Talawi,” ujar Maizir, kepada Persada Post, belum lama ini di kantornya.

 

“Kemudian, DAK Penugasan sebanyak Rp. 6 Miliar, yang dialokasikan khusus untuk lanjutan Jalan Pondok Kapur/ Muaro Kalaban,” imbuhnya.

 

Menceritakan upaya yang dilakukannya, Maizir membeberkan, bahwa pihaknya gigih mengajukan proposal kepada Kementrian PUPR RI, sehingga kementerian tersebut akhirnya mengabulkannya. Karena, jika hanya mengandalkan APBD Kota Sawahlunto, tentunya pembangunan di kota tersebut tidak akan terjadi percepatan.

 

“Hasil sinkronisasi kita di Tahun 2022 ini, lebih bagus dari Tahun 2021 dan meningkat 10 Miliar lebih. Prioritas adalah akses menuju objek wisata. Inikan program nasional. Sehingga dapat berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Karena dengan meningkatkannya objek wisata, pasti perekonomian meningkat juga,” pungkas Maizir. (Rico AU)