15 Januari 2022

Moment Ultah Sawahlunto ke-133, Ini Pesan Hasjony SY

Hasjony SY,SE,MM bersama Idrayeni,SE, sang istri tercinta disebuah momen.

SAWAHLUNTO, PP – Dengan usia yang melebihi satu abad, Kota Sawahlunto, yang telah merayakan Ulang Tahunnya ke-133, pada tanggal 1 Desember 2021 kemarin, sudah seharusnya kota itu mapan dalam berbagai sisi. Kalimat itu, disampaikan oleh Hasjony SY,SE,MM, Tokoh Politik Kota Sawahlunto, kepada Persada Post, Kamis (2/12/2021).

 

“Pertama, harus mengevaluasi secara menyeluruh apa yang sudah ada dan terbangun, baik sektor ekonomi, infrastruktur, pariwisata dan lain sebagainya di Kota Sawahlunto. Dari evaluasi tersebut, tentu perlu ada yang diperbaiki dan ada yang perlu ditingkatkan,” ujar Hasjony.

 

“Kedua, dengan keterbatasan anggaran (APBD Kota Sawahlunto), sudah selayaknya kita bicara masalah skala prioritas, apa yang harus dilakukan, tentunya melihat sektor yang perlu, penting dan wajib. Dan, pastinya yang menyangkut hajat hidup warga Kota Sawahlunto,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut Hasjoni mengutarakan, pada kondisi hari ini, salah satu sektor saja, misal sektor ekonomi, kita melihat kondisi saat ini, sudah mulai beranjak.

 

Namun, tentu perlu pembenahan dan diiringi kebijakan – kebijakan untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Hal itu tentunya juga, tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak. Sebab, pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam memajukan Kota Sawahlunto, perlu dukungan lembaga legislatif, stakeholder kota dan unsur masyarakat lainnya.

Sementara itu, menurut Hasjony, sektor lainnya juga harus berbenah diri. Pastinya, untuk menghadapi situasi ekonomi nasional dan maupun dunia saat ini.

 

“Karena kita tidak bisa menutup mata, era globalisasi pasti memberikan dampak kepada daerah, terutama Kota Sawahlunto. Sebab, kita menghadapi situasi global, dampaknya pasti langsung kepada masyarakat. Apakah persaingan sebuah produk secara makro, persaingan tenaga kerja, keahlian dan lain sebagainya,” tegas Hasjony.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, sebagai Warga Kota Sawahlunto, saya turut berbahagia di Ultah Sawahlunto yang ke – 133. Semoga, terwujud Kota  Sawahlunto yang Lebih baik di masa pemerintahan Deri Asta – Zohirin Sayuti ini,” tutup Hasjony. (Rico AU)