12 Januari 2022

Pemko Sawahlunto Bangun Mall Pelayan Publik, Urus Izin Jadi Sangat Mudah: All in One, Apa Saja Fasilitasnya?

Fiyandri,ST, Kabid Perizinan DPMPTSPNaker Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, PP – Kabar gembira bagi warga Kota Sawahlunto, mengurus izin usaha dan pelayanan hanya akan dilakukan di satu tempat atau All in One (semua jadi satu).

 

Fiyandri,ST selaku Kepala Bidang (Kabid) Perizinan, DPMPTSPNAKER (Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja) Kota Sawahlunto, menjelaskan, bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya melakukan percepatan pembangunan Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto.

 

“Pemerintah Kota Sawahlunto, mengambil kesempatan yang luar biasa ini, dengan adanya proyek Mall Pelayanan Publik. Untuk diketahui juga, bahwa proyek ini sesuai dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 23 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik,” kata Hendri, sapaan akrab Fiyandri, kepada Persada Post, Senin (30/11/2021) kemarin, di kantornya.

 

“Warga Kota Sawahlunto akan dimudahkan dengan berbagai urusan perizinan dan layanan lainnya. Sebab, selama ini mengurus izin usaha dan berbagai macam pelayanan yang dianggap sebagian orang selama ini agak ribet kan?,” imbuh Hendri.

 

“Sejak 30 Juni 2021 proyek ini mulai dibangun, yang dilakukan adalah pembenahan sarana dan prasarana di dalamnya. Beberapa counter pelayanan akan tersedia di Mall Pelayanan Publik yang terletak di Simpang Tiga Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang itu,” bebernya.

 

“Bagian depan Mall Pelayanan Publik itu juga akan di renovasi/ perbaikan, dengan nomeklatur anggaran kemungkinan Penunjukan Langsung (PL). Perkiraan pada bulan APBD 2022, sesegera mungkin akan ditindaklanjuti. Sehingga, wajah/ bagian depan Mall Pelayanan Publik Sawahlunto bisa rampung secepatnya,” ujarnya.

 

Perihal peresmian, Hendri meyakini kemungkinan dilakukan pada bulan ketiga Tahun 2022, mendatang. Kemudian, akan ada penambahan sarana dan prasarana di dalam ruangan mall, seperti kursi tunggu yang nyaman, meja counter yang bagus dan berbagai fasilitas yang luar biasa lainnya.

 

“Disana terkumpul seluruh pelayanan publik, yang sudah kita lakukan pembicaraan bentuk kerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga lainnya. Jadi, masyarakat tidak perlu repot – repot lagi,” tukasnya.

Bagian depan Mall Pelayanan Publik, bekas Pasar Songket Silungkang, yang akan berubah wajah.

 

 

 

 

 

 

Lebih lanjut Hendri menjelaskan, Kalau ingin urus izin dan berbagai pelayanan, hanya tinggal berjalan – berjalan memutari mall, semuanya sudah tersedia, seperti; DPMPTSPNAKER, Disdukcapil, BKPSDM, BPKAD, Samsat, Pusat Informasi Pariwisata, Polres (Kepolisian), PDAM, Kejaksaan (konsultasi hukum), BPJS Tenaga Kerja.

 

Kemudian juga ada; Kantor Pajak Pratama, BNNK, BPJS Kesehatan, PPID, PT. Pos, PT Taspen, BNI, Imigrasi, Kemenag, Dekranasda, Gerai Songket IKM, PLN, Bank Nagari, Bank Mandiri, BRI, BPN dan Bapenda.

 

“Saat ini, ketersediaan counter untuk instansi dan lembaga yang hendak bergabung itu sudah cukup. Hanya pelayanan informasi pariwisata yang yang mengajukan space yang lebih luas. Selebihnya standard dan sama. Sebab, Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto memiliki sarana yang cukup lengkap dalam memberikan pelayanan informasi pariwisata Kota Sawahlunto di mall tersebut,” jelas Hendri.

 

Sementara itu, terkait Mall Pelayan Publik ini, di Sumatera Barat hanya baru ada di Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi dan saat ini Kota Pariaman yang juga sedang melakukan pembangunan serta verifikasi dari Kementrian PAN-RB. Itu artinya, Kota Sawahlunto menjadi daerah yang kelima, memiliki fasilitas Mall Pelayanan Publik di Sumbar.

 

“Apabila sudah selesai dan di launching nanti, kita berharap yang langsung meresmikan adalah Menteri PAN-RB. Hal itu sedang di usahakan oleh Bapak Walikota Sawahlunto,” beber Hendri.

 

“Untuk pengerjaan proyek, menurut pantauan saya selaku PPK-nya, hingga saat ini cukup bagus dan memuaskan. Malah, akan rampung lebih cepat dari jadwal, yang waktu pengerjaannya finish pada tanggal 26 Desember 2021 dan diprediksi oleh kontraktornya selesai 14 Desember 2021,” tukasnya.

Proses pengerjaan Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto.

 

 

 

 

 

 

Menurut Hendri, ditengah proses penyelesaian Mall Pelayanan Publik Kota Sawahlunto, pihaknya sedang mengupayakan penyelesaian PKS (Perjanjian Kerjasama) dengan OPD dan Instansi vertikal lainnya yang hendak bergabung.

 

“Kemudian, nanti kalau sudah selesai, kita juga akan melakukan penandatanganan komitmen oleh Pemko Sawahlunto dengan Kemen PAN-RB,” pungkas Hendri. (Rico AU)