11 Januari 2022

Ultah Sawahlunto Ditengah Pandemi, Wagub Sumbar Datang dan Tersenyum: Tanya Kenapa

Dua dari kiri: Deri Asta (Wako Sawahlunto), Audy Joinaldy (Wagub Sumbar) dan Zohirin Sayuti selaku Wawako Sawahlunto. (Foto: Humas Pemko Sawahlunto)

SAWAHLUNTO, PP – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan upaya Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, untuk menyelenggarakan ultah kotanya itu yang ke-133, jatuh pada tanggal 1 Desember 2021 kemarin.

 

Deri Asta selaku Walikota Sawahlunto, mengakui, bahwa Peringatan dan perayaan Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto kali ini memang harus dilakukan pembatasan. Tetapi, tidak mengurangi khidmat dan semangatnya.

 

“Karena Pandemi COVID-19, Hal ini menyebabkan acara HJK Sawahlunto ke-133, perlu melakukan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan-kegiatannya. Hal tersebut agar tidak terjadi penyebaran virus tersebut,” kata Deri Asta, Rabu (1/12/2021) kepada media.

 

“Sehingga pada kegiatan HJK Tahun ini ada perbedaan dibandingkan saat sebelum pandemi. Yakni adanya pembatasan keramaian sehingga sejumlah kegiatan dilaksanakan secara online/daring dan ada juga yang secara hybrid (campuran kegiatan langsung dengan kegiatan daring),” imbuhnya.

 

Lebih lanjut Deri Asta menjelaskan, dimana termasuk pada 1 Desember ini yang merupakan hari puncak HJK, biasanya untuk rangkaian rapat paripurna dan makan bajamba itu ramai undangan dan masyarakat yang menonton.

 

“Kini kegiatan itu dilaksanakan dengan membatasi undangan dan untuk masyarakat yang menonton difasilitasi melalui tayangan langsung (livestreaming) di YouTube dan sejumlah media sosial lainnya,” katanya.

 

Katanya lagi, kondisi saat ini malah meningkat, daripada pelaksanaan makan bajamba pada tahun lalu dimana untuk perwakilan OPD dan Desa/Lurah tidak bisa mengikuti. Sekarang sudah bisa lima orang perwakilan dari masing-masing OPD dan Desa/Lurah, yang tentunya wajib menerapkan protokol kesehatan dan telah divaksin.

 

Untuk diketahui, Makan Bajamba telah diselenggarakan Rabu 01 Desember 2021 bertempat di destinasi wisata Meervon Kandi. Sekaligus juga Meervon ini diresmikan oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

 

“Momen HJK ini hendaklah dijadikan juga untuk bersyukur atas segala anugerah dan berkah dari Allah SWT yang telah dan terus diberikan pada Kota Sawahlunto,” pungkas Deri Asta.

 

Pantauan Persada Post, yang juga menarik dari HJK Sawahlunto kali ini, adalah senyum sumringah Audy Joinaldy. Tampaknya, Wagub Sumbar ini berdecak kagum dengan Kota Sawahlunto. Apalagi, Makan Bajamba diadakan di destinasi wisata baru yang didirikan, walaupun pandemi masih mendera.

 

Itu artinya, wisata maupun ekonomi, tidak akan pernah mati ditengah pandemi, kalau tetap berkarya dan berupaya terus lebih baik. (Rel/ Rico AU)