10 Januari 2022

(Masih) Salah Satu Calon Wanag Diduga LGBT, Inilah Pengakuan Mantan Ketua Panitia Pilwana Tapi Selo

Sticker Say No To LGBT (Katakan Tidak Pada LBT), dengan latar pemandangan sawah di Nagari Tapi Selo yang berhasil diabadikan oleh Persada Post.

TANAH DATAR, PP – Setelah viralnya pemberitaan Persada Post sebelumnya, yang berjudul; (Klik) Viral! Balon Wanag Tapi Selo Diduga LGBT: ini Penjelasan Lengkap ‘GMA’, Tim Redaksi Persada Post kemudian melakukan penelusuran langsung ke Nagari Tapi Selo, Kecamatan Linto Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, baru – baru ini.

 

Beberapa tokoh masyarakat Nagari Tapi Selo, sangat menyayangkan kabar tersebut. Kepada Persada Post, saat ditemui disalah satu rumah warga tapi Selo, mereka mengharapkan agar pemimpin di Tapi Selo benar – benar bisa menjadi contoh yang baik, selain bisa memimpin birokrasi Pemerintahan Nagari Tapi Selo.

 

“Bagaimana nagari ini, seandainya dipimpin oleh orang yang berperilaku buruk (maksudnya LBGT.red). Nagari kita akan dilanda musibah, jika itu benar – benar terbukti. Namun, fakta dilapangan, kejadian tahun 2016 itu, saya memang di Pekanbaru dan mengetahui betul,” ungkap salah seorang tokoh Tapi Selo inisial ‘WY’, belum lama ini, kepada Persada Post.

 

Dengan lolosnya ‘GMA’ (calon Wanag yang diduga LGBT.red), menjadi tanda tanya besar ditengah masyarakat, mengapa bisa lolos dari seleksi Panitia Pemilihan Nagari (Pilwana) Tapi Selo. Apakah, tidak adanya verfikasi prilaku?.

 

“Kesannya, Panitia Pilwana Tapi Selo kecolongan. Mengapa tidak diverifikasi dulu dan memastikan bahwa para calon Wali Nagari Tapi Selo ini benar – benar kelak adalah orang yang patut dipilih dan jika terpilih bukan hanya bisa memakmurkan nagari, tapi bisa memberikan contoh dan pengaruh yang baik,” imbuh WY.

 

Menyikapi hal itu, seseorang nara sumber berhasil di wawancara oleh Persada Post, yakni Malin Sati, yang merupakan pada saat seleksi calon Wanag Tapi Selo adalah selaku ketua panitia.

 

“Sesuai aturan, khususunya Peraturan Bupati (Perbub) Tanah Datar, seleksi para calon Wanag sudah sesuai dan tidak ada yang dilanggar. Namun, terkait adanya isu LGBT terhadap salah seorang calon yang lolos itu bukan wewenang panitia. Kita tidak sejauh itu,” ujar Malin Sati, Rabu (8/12/2021) melalui telepon selulernya.

 

Malin Sati Mengundur Diri dari Panitia?

Namun sayangnya, disaat Persada Post melakukan wawancara dengan Malin Sati, ternyata dirinya telah mengundurkan diri dari Panitia Pilwana Tapi Selo.

 

“Iya Pak, saya tidak lagi panitia. Saya sudah mengundurkan diri, pada hari Jum’at kemarin. Banyak hal yang bertentangan dengan bathin saya terhadap rekan – rekan panitia,” beber Malin Sati.

 

Ketika dicari tahu, pengunduran diri Malin Sati, disinyalir adanya tekanan suasana yang saat ini terjadi di Nagari Tapi Selo. Maka, wajar saja, Malin Sati yang merupakan salah satu pemuka agama dan dipandang cukup alim di Tapi Selo, memiliki perasaan gusar dengan kondisi perpolitikan di nagari itu saat ini.

 

Menyikapi Isu, GMA Santai Saja

Beberapa kali Persada Post melakukan komunikasi dengan GMA, yang diduga oleh banyak pihak mengidap LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender), dirinya hanya menyikapi dengan santai.

 

“Inikan politik pak, jadi biarkan saja,” ujar GMA, seakan sambil sumringah menjawab kontak telepon seluler Persada Post, belum lama ini.

 

GMA merasa tidak melakukan apa yang dituduhkan kepada dirinya itu. Ia malah memastikan, bahwa tuduhan itu adalah cara pelaku yang membegal/ menusuk dirinya dengan pisau di Kota Pekanbaru untuk membela diri, pada tahun 2016 lalu.

 

Mungkin saja, tuduhan itu dilakukan, agar si pelaku dianggap membela diri, karena telah dilecehkan oleh GMA dan akhirnya melakukan penusukan. Naas, si pelaku tetap saja dihukum dengan perbuatannya yang telah melakukan penusukan kepada GMA.

 

Hingga berita ini ditayangkan, Persada Post masih mencari kebenaran terhadap isu itu hingga ke Kota Pekanbaru. Beberapa upaya mencari informasi sedang dilakukan, sehingga kebenaran dari isu tersebut terjawab pada akhirnya. Semoga!. (Nono/ Jefri/ Ad Bacok/ Yasin/ Red)