17 Januari 2022

Upaya PK Rusma Yul Anwar di MA, Ternyata Hasil Mengejutkan?

Gusman,SH, Kuasa Hukum Rusma Yul Anwar.

JAKARTA, PP – Lika liku, rumor dan berbagai tanda tanya yang akhir – akhir ini bergulir di Kabupaten Pesisir Selatan terkait kasus Drs. Rusma Yul Anwar,M.Pd, atas Keputusan Pengadilan Negeri Padang Nomor 642/Pid.Sus-LH/2019/Pn.Pdg telah menjatuhkan vonis terhadap Rusma Yul Anwa,  dengan hukuman satu tahun penjara dan denda sebesar 1 miliar dan subsider tiga bulan kurungan, akhirnya terjawab sudah.

 

Berdasarkan informasi perkara di situs resmi Mahkamah Agung, yang berhasil di peroleh Persada Post, Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh Rusma Yul Anwar melalui Kuasa Hukumnya Gusman,SH dengan Nomor Register: 442 PK/Pid-Sus-LH/2021, akhirnya dikabulkan.

Hasil PK Rusma Yul Anwar yang dirilist oleh MA RI.

Amar putusan itu dikabulkan, ternyata pada tanggal 15 Desember 2021 kemarin, dengan para Hakim: Soesilo,SH,MH (Hakim P1), Dr. H. Eddy Army,SH,MH (Hakim P2), Sri Murwahyuni,SH,MH (Hakim P3) dan Panitera Pengganti Laurenz Stephanus Tampubolon,SH.

 

“Kami mengapresiasi MA (Mahkamah Agung) yang telah memeriksa perkara klien kami, dengan amar putusan: Kabul. Dan, ini juga tidak lepas dari do’a masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan. Sehingga Bapak Bupati Pessel (Rusma Yul Anwar) bebas dari jeratan hukum yang telah menimpanya,” ujar Gusman, kepada Persada Post, Jum’at (17/12/2021) sore kemarin, melalui telepon selulernya.

 

“Juga, ini tidak terlepas dari support dan do’a yang dipanjatkan oleh pemuka masyarakat Pessel; ninik mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai, pemuda/ pemudi, kaum millennial. Mereka semua telah mengeluarkan air mata, sekarang sudah dijawab oleh Majelis Hakim MA Republik Indonesia,” imbuhnya.

 

“Kami juga beserta masyarakat Pessel, sangat bersyukur kepada Allah SWT, yang telah mendengar do’a kami tersebut. Aamiin ya Allah ya Rabb. Semoga Allah SWT, memberi rahmat dan karunianya kepada para hakim yang memutus perkara ini,” tutup Gusman, dengan haru. (RAU)