Andre Rosiade, saat menjelaskan soal GOR H. Agus Salim di akun Tiktok-nya. (Foto: Screnshoot)

Jakarta – Persada Post | Sangat peduli dengan olahraga. Mungkin itulah kalimat yang patut disematkan kepada Tokoh Nasional asal Sumbar, H. Andre Rosiade,SE, atas kepeduliannya terhadap infrastruktur olahraga dan SDM (Sumber Daya Manusia) atlit sepakbola, karate (Andre Rosiade, Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia/ FORKI Provinsi Sumbar) dan olahraga lainnya di Sumatera Barat.

 

Baru-baru ini, Andre Rosiade (Anggota DPR RI Fraksi Gerindra dari Dapil Sumbar 1) memberikan ratusan juta rupiah, bonus kepada pemain Semen Padang FC, karena telah mengalahkan PSMS. Sebelumnya juga, setiap kemenangan, Andre melakukan hal yang sama.

 

Teranyar, Andre Rosiade juga mendapatkan berbagai pertanyaan dari warganet Sumbar soal GOR H. Agus Salim di Kota Padang dan Stadion Utama Sumbar di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu tentunya, dampak dari kepedulian Andre Rosiade selama ini kepada pemain bola dan olahraga pada umumnya di Sumbar (Sumatera Barat).

 

“Banyak sekali pesan, maupun komentar  yang saya lihat mempertanyakan; paktolong renovasi GOR kebangggaan kita, GOR H. Agus Salim (Padang). Atau, pak kapan stadion yang di Lubuk Alung bisa selesai, kapan Pak,” ungkap Andre  dalam unggahan video Tiktok-nya, Minggu (3/12/2023) kemarin.

 

“Nah, saya ingin menjawab. Yang pertama, soal renovasi Stadion Haji Agus Salim. Stadion GOR H. Agus Salim itu adalah kewenangan Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sumatera Barat, yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat, saudara Bapak Mahyeldi Ansharullah. Jadi, teman-teman suporter yang ingin Stadion H. Agus Salim direnovasi, silahkan menyampakan aspirasi ini kepada Gubernur Sumbar. Kalau seandainya Pemprov Sumbar tidak mampu dan tidak bisa melakukan renovasi, kami Semen Padang FC sudah berkirim surat ke Pemerintah Provinsi Sumbar, Desember 2022,” imbuh Andre, yang juga Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Gerindra Sumbar itu.

 

Kata Andre, dalam surat tersebut, pihaknya menawarkan agar diberi hak pengelolaan stadion dengan lapangan parkirnya. Dengan komitmen, pihaknya akan memberikan setoran Rp. 500Juta/ tahun, untuk kewajibannya kepada Pemprov Sumbar dan pihaknya juga berkewajiban melakukan perbaikan dan renovasi stadion dengan hak pengelolaan minimal 5-10 tahun.

 

“Tapi terus terang, surat itu pernah dikirimkan, tapi tidak direspon. Hanya dibalas oleh Kadispora (Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga), silahkan ikut LPSE, soal pengelolaan stadion. Tapi, sampai sekarang juga lelangnya tidak ada,” beber Andre Rosiade.

 

“Ini teman-teman, yang perlu diketahui oleh supporter Semen Padang (FC). Jadi, suporter boleh menyampaikan langsung dan menanyakan langsung, kenapa pak gubernur ndak merenovasi, kenapa pak gubernur tidak menganggarkan. Karena stadion kita memang kumuh, dan memang sudah terlihat tidak layak lagi,” jelasnya.

 

“Kalau kami (Semen Padang FC) diberikan hak pengelolaan, tentu kami akan memperbaikinya, ikut merenovasinya. Berinvestasi miliaran untuk memperbaikinya, sehingga stadion kita lebih tercelak, kata orang Minang,” tegasnya.

 

Stadion Utama Sumbar

“Yang kedua, mengenai Stadion Utama Sumatera Barat ya, dekat Lubuk Alung itu. Itu juga kewenangan Pemprov Sumbar. Selesai atau tidak selesainya, itu tergantung anggaran yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,” ulasnya.

 

“Jadi, teman-teman kadang ada yang bertanya; pak bonusnya dipakai untuk stadion saja. Ya, tentu tidak cukup bonus-bonus ini. Karena bonus ini hanya untuk pemacu dan pemicu, dan juga penyemangat dari pemain-pemain kita, sehingga bertanding lebih semangat lagi, lebih fight lagi. Sehingga harapan kita bisa promosi ke Liga I,” ujar Andre.

 

“Jadi, sekali lagi teman-teman suporter, yang kami hormati, ya kewenangan itu ada pada Pemprov Sumbar. Jadi, silahkan tanyakan ke beliau (Mahyeldi Ansharullah). Tapi, kalau ingin kami Semen Padang FC berpartisipasi, yang merenovasi, berinvestasi miliaran rupiah untuk perbaikian Stadion GOR H. Agus Salim, kami siap. Asal, Pemprov Sumbar memberikan hak pengelolaannya kepada Semen Padang FC,” pungkasnya. (Adv)

Please follow and like us:

By Redaksi

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial