Hardi Siswan Dt. Marah Bangso bersama Anies Rasyid Baswedan (kiri), Calon Presiden RI yang diusung oleh Partai NasDem dan koalisi pada Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

Batusangkar – Persada Post | Hardi Siswan Dt. Marah Bangso, Caleg (Calon Legislatif) DPRD Kabupaten Tanah Datar dari Partai NasDem (Nasional Demorat), membeberkan tujuannya maju DPRD Tanah Datar, pada Pileg (Pemilihan Legislatif), yang akan diselenggarakan Tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

 

Kata Hardi Siswan, Ia ingin menjadi anggota dewan/ DPRD  yang pro rakyat dan akan memperjuangkan aspirasi rakyat, khususnya di Dapil 4 (Daerah Pemilihan 4), yakni meliputi; Kecamatan Sungai tarab, Kecamatan Tanjung Baru, Kecamatan Salimpaung dan Kecamatan Sungayang.

 

“Kecamatan di Dapil 4 itu, selama ini dirasa belum mendapatkan pembangunan secara merata di masing-masing nagarinya. Maka, melihat kondisi tersebut, timbullah keinginan saya untuk mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Tanah Datar,” ungkap Hardi Siswan Datuak (Dt) Marah Bangso, yang juga merupakan Ketua LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Kecamatan Sungai Tarab itu, Selasa (16/01/2024), melalui saluran WhatsApp-nya.

 

“Kalau saya terpilih nanti menjadi anggota DPRD Tanah Datar periode 2024-2029, maka saya akan menjalankan fungsi kedewanan, yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan dengan baik,” bebernya.

 

Lebih lanjut Datuak Marah Bangso menjelaskan, bahwa sebagaimana fungsi legislasi, tentunya bersama dengan rekan-rekanya di DPRD Tanah Datar dan Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar, dirinya In Syaa Allah akan melahirkan/ membuat aturan-aturan/ Perda (Peraturan Daerah) yang melindungi hak-hak masyarakat, termasuk hak-hak masyarakat hukum adat.


Datuak Marah Bangso: Anggaran Harus Pro Rakyat

“Sebagaimana fungsi anggaran, saya bersama sama kawan-kawan di DPRD Tanah Datar dan bersama pemerintah akan membuat anggaran yang pro rakyat, sehingga anggaran yang tersedia dinikmati sebanyak mungkin untuk kepentingan rakyat,” ujar Datuak Marah Bangso.

 

Ia mengatakan, dengan fungsi pengawasan, jika ia terpilih nanti, maka akan menjalan pengawasan terhadap pemerintah dan lembaga-lembaga yang lain, yang dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Sehingga setiap aturan dan anggaran yang telah dibuat dan ditetapkan dilaksanakan sesuai dengan regulasi/ aturan yang ada.

 

“Pengalaman di bidang politik, pada tahun 2013 – 2014 menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Tanah Datar. Walaupun pada periode tersebut partai NasDem baru pertama ikut Pemilu yakni pemilu 2014 – 2019, tetapi kami bisa mengantarkan 2 orang kader terbaik partai NasDem duduk di kursi kedewanan periode 2014 – 2019, yakni Rasman ( alm) dan Adrijinil Simabura Dt. Rangkayo Mulie,” ulasnya.

 

“Saya dua periode ikut Pemilu dan saya juga ikut menjadi Caleg Partai NasDem, tetapi dua periode tersebut saya belum bisa duduk di kursi DPRD, dan di periode 2024-2029 ini; dengan iktikad baik dan iklas, mewakafkan diri dan pengalaman yang ada saya mencalonkan kembali,” ujarnya.

 

“Dan, mudah-mudahan untuk yang ketiga kali ini, masyarakat di Dapil 4 Tanah Datar memberikan amanah dan kepercayaan kepada saya sebagai anggota DPRD Tanah Datar periode 2024 – 2029,” pungkasnya. (Red PP-01)

 

Please follow and like us:

By Redaksi

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial