Rahmat Saleh, cikal bakal Caleg DPR RI dari Dapil SUmatera Barat 1, dengan latar Gedung DPR RI di Senayan. (Foto: Diolah dari berbagai sumber)

Padang, Persada Post | Rahmat Saleh, S.Farm, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saat ini dari Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera), sempat bertemu dengan Redaksi Persada Post di RM Mama Ampang, Kota Padang, Rabu (18/1/2023) siang.

 

Ia membeberkan, alasannya maju untuk DPR RI dari Dapil (Daerah Pemilihan) Sumatera Barat 1 di Pileg (Pemilihan Legislatif) 2024 mendatang, meliputi daerah: Kota Padang, Kabupaten Mentawai, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya.

 

“Partai kan butuh regenerasi. Kita tentu di partai (PKS) perlu adanya estafet. Target kita itu mendampingi senior-senior yang sudah ada saat ini (Hermanto/ Anggota DPR RI Fraksi PKS). Jadi beliau terpilih, kita pun terpilih, kita akan mendampingi beliau, sebagai generasi penerus,” ujar Rahmat Saleh.

 

“Saya kan sudah dua periode di DPRD Provinsi Sumbar. Kita harus memberikan kesempatan kepada kader yang lain, sehingga ada efek jenjang kadernisasi politik di PKS, sehingga memuncul kader-kader terbaik pula hendaknya,” imbuhnya.

 

“Ini kesempatan anak muda untuk tampil. Saya kan masih milenial, masih dibawah 40 Tahun. Sekarang itu, secara demografi, memberikan kesempatan pada anak muda/ milenial untuk maju. Kita melihat, bangsa ini butuh perubahan, di semua aspek. Misalnya, isu tenaga kerja, penegakan hukum yang kita lihat ya, sistem budaya politik kita yang sekarang ini terjadi dimana-mana money politic yang masih tinggi dan yang lain-lainnya. Kita akan memberikan warna baru soal ide dan gagasan dan kemudian kehadiran kita di tengah masyarakat, yang baru dan segar untuk berjuang DPR RI,” bebernya.

 

“Kita tidak ingin pengendali atau pengembil kebijakan, dipengaruhi oleh oligarki. Oligarki  itu, adalah semua kebijakan negara kita ini dipengaruhi oleh pemilik modal, yaitu para kapitalis. Dampak buruknya, integritas bangsa hilang. Asset kita banyak dikelola asing dan termasuk kebijakan-kebijakan strategis. Inilah akibat demokrasi kita masih berbasis uang,” ungkapnya.

 

“Saya akan coba melakukan strategi kampanye pendekatan hati, bukan uang. Sehingga, kampanye dengan tidak berbiaya besar akan mampu unjuk gigi di 2024 nanti. Ini tantangan dan membuktikan, bahwa terpilihnya sebagai pejabat publik, tidak mesti dengan uang banyak. Kalau kos politik, pasti dong,” ulasnya.

 

Basis Politik Rahmat Saleh

Rahmat Saleh mengungkapkan, bahwa untuk Dapil Sumbar 1, segmentasi PKS sangat besar. Malah beberapa survei di tingkat nasional termasuk Sumbar, posisi PKS sangat bagus. Maka, peluang untuk menang, sangat  besar pula, menurutnya.

 

“Basis suara politik saya di Kota Padang. Alhamdulillah, masyarakat sudah mempercayakan saya sebagai perwakilannya selama 10 Tahun di DPRD Sumatera Barat. Jadi, Padang adalah basis saya, khususnya milenial,” pungkas Rahmat Saleh, mengakhiri wawancara dengan Persada Post. (Rico AU Dato Panglima)

Please follow and like us:

By Redaksi

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial